Kita tahu bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan bugar selain itu juga dapat menjaga kesehatan jantung paru, menjaga berat badan, mempertahankan kekuatan otot dan juga memberi efek positif secara psikologis. Tetapi olahraga juga perlu dilakukan dengan cara yang baik agar terhindar dari hal Рhal yang tidak diinginkan, sebelum itu berikut ini adalah Situs yang menyediakan Game Slot Online Terlengkap dan Terpercaya. yuk langsung kita simak aja beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan olahraga.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin berolahraga

1. Kondisi medis sebelum berolahraga

Hal pertama yang perlu kalian perhatiaan sebelum berolahraga adalah apakah kalian memiliki kondisi medis khusus, seperti diabetes, jantung, darah tinggi, obesitas, atau memiliki riwayat cedera khusus? jika kalian memiliki kondisi medis khusus seperti yang tadi kami sebutkan sebaiknya kalian konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengurangi resiko dan juga menentukan olahraga apa yang cocok dengan kalian.

Salah satu contohnya adalah seperti pada pasien obesitas, pilihan olahraga yang baik adalah yang sifatnya low-impact sehingga tidak membebani persendian, seperti dengan berenang, bersepeda, atau jenis olahraga seperti yoga, pilates dan taichi. Sedangkan jika pada pasien dengan riwayat penyakit jantung, dokter akan menilai intensitas latihan dengan mengukur kisaran denyut jantung maksimal yang aman saat pasien melakukan latihan fisik.

2. Rutinitas berolahraga sebelumnya

Selanjutnya hal yang perlu kalian perhatikan adalah rutinitas saat berolahraga yang perlu diketahui terlebih dahulu apakah kalian sebelumnya sudah rutin olahraga? atau mungkin dulu rutin olahraga namun sempat berhenti selama 6 bulam? jika iya sebaiknya mulai olahraga secara bertahap. Karena jika kalian memaksakannya akan membuat badan kamu malah tidak bagus dan sakit karena badan kamu membutuhkan penyesuaian sebelum melakukan aktivitas yang berat, jadi mulailah dari intensitas ringan dan perlahan dinaikkan. Membiarkan tubuh beradaptasi terlebih dahulu akan membantu kamu menghindari berbagai risiko cedera.

Selain itu sebelum melakukan olahraga sebaiknya untuk dilakukan secara benar seperti melakukan pemanasan, latihan inti dan pendinginan, serta memberi waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat agar terjadi recovery yang baik setelah berolahraga.

3. Lakukan jenis olahraga dengan tepat

Jika kita ingin berolahraga latihan fisik tentu aad banyak sekali pilihan yang dapat kalian ikuti seperti jenis olahraga tipe aerobic / cardio, latihan beban / strength training, dan latihan fleksibilitas. Pada prinsipnya ketiga jenis latihan ini dibutuhkan agar mencapai kebugaran tubuh yang maksimal, karena itu jangan hanya melakukan satu jenis latihan saja.

Tapi kalian harus dapat menyesuaikan jenis olahraga yang sesuai dengan tujuan goals kamu karena setiap latihan tentunya akan memberikan dampak yang berbeda – beda kepada tubuh kalian. Variasi dan intensitas latihan yang dilakukan akan menjadi sebuah ahl yang dapat memberikan dampak luar biasa untuk mencapai badan yang lebih ramping dan untuk mencapai tubuh yang lebih berotot tentu berbeda.

4. Jaga hidrasi sebelum, saat dan setelah berolahraga

Pada saat kita berolahraga tentu tubuh kita akan kehilangan cairan melalui keringat. Karena itu sebelum berolahraga kalian perlu pastikan sudah mengkonsumsi air secara benar dan sesuai dengan kebutuhan. Dan pada saat kalian berolahraga perlu di perhatikan agar tetap minum air biarpun kamu tidak merasa terlalu haus, apalagi kalau kamu berolahraga di tempat yang panas dan terik.

Banyaknya cairan yang perlu kamu konsumsi berbeda-beda tergantung jenis latihan, lama latihan dan tempat latihan. Tetapi pada dasarnya jika kamu akan melakukan latihan fisik yang berat, usahakan minum sekitar 500 ml air sekitar 2 jam sebelum berlatih, kemudian saat berlatih minum air sedikit-sedikit tapi sering sebanyak 400-1000 ml air setiap jam latihan, dan setelah selesai berlatih minum tambahan air 250 ml dalam 30 menit.

5. Nutrisi yang cukup untuk aktivitas olahraga

Yang kelima sekaligus yang terakhir hal yang perlu kalian perhatikan pada saat olahraga adalah dengan memakan nutrisi yang merupakan salah satu komponen penting dalam mencapai kebugaran fisik. Berolahraga tanpa disertai asupan nutrisi yang baik, justru akan mengganggu keseimbangan metabolisme dan hormon, khususnya pada anak atau remaja di masa pertumbuhan.

By admin